Berapa Lama Kuman TB Bertahan Hidup Di Udara Terbuka? Dan Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Jika Berdekatan Dengan Pasien TB?

Berapa lama kuman TB bertahan hidup di udara terbuka? Dan apa yang sebaiknya dilakukan jika berdekatan dengan pasien TB?

Q: Dear Dokter, Saya mau bertanya, pasien TBC pada saat batuk, kemungkinan besar akan memercikan air liur yang terinfeksi. Kita sebagai kerabat, tidak bisa mengucilkan dia. Berapa lama kuman TB itu bertahan hidup di udara terbuka dokter? Dan apa yang sebaiknya kita lakukan jika berdekatan dengan pasien TB?
A: Pasien TB ada 2 golongan, yang masih aktif/infektius atau yang sudah non aktif/laten atau dalam pengobatan. Tentang berapa lama kuman TB ada di udara dan masih menularkan, hal itu sangat relatif, tergantung kondisi ruangan. Tidak semua yang kontak dengan TB akan jatuh sakit, tergantung pada kondisi fisik kita. Kalau sehat, kuman TB akan dimatikan/ditolak oleh sistem kekebalan tubuh. Untuk pencegahan bisa gunakan masker atau pasien diminta menutup mulut dengan sapu tangan dan sebagainya saat mau batuk dan dia disarankan segera berobat, karena dengan minum obat anti-TB secara teratur dalam 2-4 minggu saja kuman TB walaupun masih ada biasanya akan menjadi lemah dan tak infeksius lagi, untuk penyembuhan, lama pengobatan minimal 6-9 bulan.

Kredit:http://dokita.co/
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...